Nutrisi yang baik untuk anak

Salam sehat box-Health | boxarif , Sekarang saya akan memaparkan beberapa makanan yang mengandung gizi yang baik untuk anak dalam masa pertumbuhannya. Banyak sekali makanan yang bergizi dan baik untuk di konsumsi oleh anak, namun kita harus lebih tepat memilih nutrisi yang baik untuk anak diantaranya sebagai berikut.
1. Serat
Anak-anak sangat membutuhkan serat seperti halnya orang dewasa memerlukannya. Penelitian menunjukkan mereka yang cukup mengonsumsi serat memiliki resiko terkena penyakit diabetes lebih rendah, demikian juga halnya kolesterol tinggi. Pada anak-anak serat akan mencegah konstipasi dan mencukupi kebutuhan mereka akan vitamin dan mineral.

2. Antioksidan
Antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan mineral selenium, dalam satu dekade terakhir mendapat banyak perhatian dari para ilmuwan terutama akan manfaatnya dalam mencegah penyakit. Pada anak-anak, antioksidan juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pada anak-anak, antioksidan bisa dipenuhi melalui makanan. Terutama buah-buahan dan sayuran berwarna cerah, seperti brokoli, buah ceri, bayam, tomat, dan masih banyak lagi.

3. Protein
Nutrisi yang baik untuk anak selanjutnya yaitu Protein yang merupakan bagian dari setiap jaringan dalam tubuh karenanya sangat diperlukan oleh anak dalam masa pertumbuhannyaProtein memang menghasilkan kalori, namun sesungguhnya yang diambil tubuh adalah asam amino yang merupakan bahan mentah untuk membangun sel-sel dan jaringan serta komponen dalam seluruh proses tubuh, termasuk enzim dan hormon. Protein bisa didapat dari produk hewani dan nabati. Protein hewani, terutama telur yang menghasilkan asam amino esensial yang tidak bisa dibuat tubuh dan tidak terdapat dalam produk nabati.

4. Kalsium
Kalsium akan memaksimalkan pertumbuhan tulang dan kerangka, baik di konsumsi di masa pertumbuhan anak. Dalam jumlah yang cukup, kalsium dalam tubuh diperlukan untuk fungsi otot, detak jantung, dan pembekuan darah. Tubuh akan mengambil kalsium yang diperlukan dari tulang untuk menjaga kadar dalam darah. Ini sebabnya anak-anak memerlukan asupan kalsium yang cukup setiap hari dan merupakan Nutrisi yang sangat baik untuk anak.

Di usia remaja, anak perempuan membutuhkan kalsium yang cukup karena kekurangan mineral ini bisa berisiko keropos tulang di usia lanjut. Di usia 1-3 tahun, anak-anak memerlukan kalsium 500mg, dan ketika menginjak usia 4-8 tahun kebutuhan kalsiumnya naik menjadi sekitar 800mg. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dari konsumsi susu dan sayuran. Asupan kalsium yang cukup pada masa anak-anak akan merendahkan kadar lemak tubuh dan itu sangat baik untuk kesehatan.

5. Zat besi
Pertumbuhan anak-anak sangat dipengaruhi oleh kecukupan zat besi dalam tubuh mereka. Sel darah mereka memerlukan zat besi untuk membawa oksigen ke setiap sel dalam tubuh. Zat besi juga berperan penting dalam perkembangan dan fungsi otak.

Anak-anak berisiko tinggi kekurangan zat besi karena pertumbuhan mereka yang pesat sementara asupan mereka kurang. Sementara itu pada remaja putri yang mulai menstruasi juga kehilangan sel darah merah setiap bulannya. Kekurangan zat besi bisa memicu anemia. Makanan baik dari hewan atau tanaman mengandung zat besi. Akan tetapi zat besi yang berasal dari daging dan hewan laut lebih mudah diserap tubuh.

0 comments:

Post a Comment

semoga postingan di atas bermanfaat, jika postingan ini menarik tinggalkan komentar anda di sini

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Popular Post

My Ping in TotalPing.com Page Ranking Tool

Trending Topik

box-finance

Copyright © 2012. boxarif - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz